Friday, June 5, 2009

Bunyi-bunyi dalam bahasa Arab

setiap bahasa mempunyai bunyi-bunyi bahasa yang sangat spesifik. dikatakan spesifik karena bunyi bahasa yang ada dalam satu bahasa belum tentu ada dalam bahasa lain. oleh karena itu ada kecenderungan bahwa bunyi disesuaikan dengan bunyi bahasa yang dekat dengan bahasanya.

bahasa arab mempunyai bunyi-bunyi bahasa yang spesifik. bunyi-bunyi bahsa yang ada dalam bahasa arab itulah yang membedakan antara bangsa arab dengan bangsa lain. salah satu bunyi bahasa yang menjadi ciri khas dan dimiliki bahasa arab adalah bunyi /D/(Dat). oleh karena itu , bangsa arab dikenal dengan bangsa yang berbahasa dat.

bunyi bahasa dalam bahasa arab di bagi menjadi tiga macam, yaitu : bunyi vokal, bunyi konsonan, dan bunyi diftong.

  1. bunyi vokal dan diftong
bahasa arab mengenal tiga buah bunyi vokal, yaitu : a yang dilambangkan dengan harokat fathah dan untuk i delambangkan dengan harokat kasroh, dan untuk u dilambangkan dengan harokat dhomah.. disamping itu juga dikenal tiga bunyi panjang, yaitu harokat fathah yang selanjutny diikuti huruf alif menandakan bunyi [a] panjang. dan untuk [i] panjang dilambangkan dengan harokat kasroh yang diikuti huruf ya' mati. dan untuk [u] panjang dtandai dengan harokat dhomah dan diikuti huruf wawu mati.
disamping itu dikenal juga bunyi vokal diftong, yaitu[ai] yang dilambangkan dengan harokat fathah didikuti dengan huruf ya' mati dan bunyi [au] yang dilambangkan dengan harokat fathah diikuti dengan huruf wawu mati.

2. bunyi konsonan

bunyi konsonan yang dikenal dalam bahsa arab sebanyak 28 macam, yaitu seperti yang ada dalam bagan berikut ini :

1 comment: