Saturday, January 5, 2013

Mendalami Aqidah

Aqidah Asy'ariyah, Maturidiyah, Wahabiyah, mu'tazilah, Syi'ah rafidhah, Syi'ah ja'fariyah, Syi'ah Isma'iliyah, Syi'ah Itsna asy'ariyah, qadariyah, dll...

kosa kata di atas dulu sering berputar-putar di kepala saat kelas aqidah bersama ustadz fathur pas sampai bab firaq. jujur saya masih sangat awam terhadap wawasan tentang firaq (jama' dari firqah). hanya beberapa saja yang pernah saya pelajari dan baca bukunya..

nah pagi ini, di KRPH saya coba tanyakan beberapa hal yang masih sering menggantung di pikiran terutama tentang beberapa pemikiran aqidah sunni yang masih dalam kerangka sunnah. sengaja gak saya tanyakan lewat suara, tapi pake kertas. 10 menit mikir, nulis pake bahasa yang pas gmana ya??

pertanyaannya adalah, ttng pembagian pokok tauhid  menjadi tiga bagian (Uluhiyyah, Rububiyah, Mulkiyah/asma' wa sifhat), yang kedua aqidah sunni Asy'ariyah, ketiga apakah keduanya termasuk bid'ah, karena semua tidak ada saat zaman rasul? keempat, apakah dalam pelaksanaan aqidah asy'ariyah di indonesia terdapat penyimpangan?

ustadz sholihun pun menjawab "ini bisa jadi disertasi sendiri?" akhirnya dipaparkan secara ringkas semua pertanyaan di atas, dan masih direkomendasikan untuk baca beberapa kitab untuk memuaskan dahaga pertanyaan. antara lain yang direkomendasikan:
  1. al-Ibanah 'an Ushul ad-Diyanah, karya imam Abu al-Hasan al-Asy'ari
  2. Risalatu al-Qawa'id, karya Imam Hasan al-Banna
  3. Fatkhul Majid, syarah kitab tauhid yang biasa dipakai di pesantren.
makin keranjingan nyari itu semua kitab, semoga bisa dapet semua dan bisa menuntaskan baca sampai khatam..

Setiap ketemu orang berilmu selalu saja merasa masih belum bisa apa-apa dan sangat cetek pemahaman maupun pengalaman...

Semoga bisa istiqamah...

*Bulan ini jatah beli Sirah Nabawiyah Ibn Hisyam, versi arab yang sudah ada catatan kakinya..

0 komentar:

Post a Comment