Tuesday, February 26, 2013

Jasa sang Guru

Mendengarkan kisah hidup ustadz yang dulu menghidupkan pesantren dari hanya berupa gubuk sederhana menjadi bangunan megah di sebuah daerah di sulawesi saat ia masih muda dulu, memberikan sebuah inspirasi bahwa tersendiri. Cerita beliau bersambut ketika melihat keadaan murid pertama yang menjadi tanggung jawab beliau sudah punya karir yang moncer. ada yang sudah jadi politisi, pengusaha, bahkan banyak di antara mereka yang sudah menyandang gelar Doktor.

kebahagiaan seorang guru dan keberhasilan pendidikan itu tidak hanya diukur dari waktu kita berinteraksi dengan pendidikan, melainkan dari konsistensi yang dipegang ketika sudah berpisah dari sang guru. dan menjadi kebahagiaan sang guru, ketika muridnya memiliki masa depan gemilang setelah sekian lama berpisah dan tak berinteraksi dengan sang guru. dan keharuan pun akan tercipta ketika sang murid bertemu kembali setelah sekian lama berpisah dengan sang guru...

maka benar sebuah nasihat bung Hatta "jadilah guru dan murid dimanapun engkau berada, guru yang mau membagikan ilmunya pada siapapun. dan jadilah murid di manapun agar engkau dapat mencerap pengetahuan dari siapapun"


0 komentar:

Post a Comment