Thursday, September 12, 2013

Akhir Hayat

mati... mati... akhir-akhir ini sedang menyengajakan diri untuk membaca beberapa buku yang membahas kematian. baik itu artikel, teks khutbah jum'at, kisah kematian sahabat nabi, dan lain lain.

Huft... kapanpun, siapapun, bisa didatangi kematian kapan saja.. dan mati adalah gerbang awal menuju keselamatan atau kesengsaraan di akhirat.

Khusnul Khatimah atau Su'ul Khatimah

Tak ada yang bisa menjamin bisa khusnul khatimah ataupun su'ul khatimah. beruntunglah meraka yang bisa menutup hidupnya dengan khusnul khatimah. dan alangkah meruginya orang yang sepanjang hidupnya melakukan kebaikan, namun akhir hidupnya ditutup dengan su'ul khatimah. dan alagkah celakanya orang yang hidupnya diisi dengan keburukan, dan berakhir dengan su'ul khatimah. Dengan khusnul khatimah perjalanan menuju alam akhirat menjadi mudah. kita harus sadar bahwa yang menentukan keadaan mati kita adalah hanya dengan kehendak Allah. Maka tak heran banyak orang yang menekuni dunia tasawuf memasukkan doa untuk berharap khusnul khatimah di wirid/ratib/hizb mereka.

Ya Allah biha Ya Allahu bikhusnil khatimah..

2 comments:

  1. jika bicara tentang kematian, sesuatu yang pasti terjadi entah cepat atau lambat datang namun tak banyak orang yang menyadarinya..
    bahkan untuk sekedar membicarakannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. banyak yang enggan dan jengah membicarakan bicara kematian..

      Delete