Friday, October 11, 2013

Pasir Hitam dan Pasir Putih

Berapa banyak pantai sudah dikunjungi??.. sudah banyak perjalanan menyusuri butiran halus pasir pantai...

tahukah kenapa ada pantai berpasir putih dan ada pantai yang berpasir hitam? kalau belum tau jawabannya, jangan ngaku sebagai penjelajah pantai sejati.. #haha
Kalau kagak tau nih gw kasih tau.
1. Pantai Pasir Hitam, silakan check pantai di daerahmu masing-masing yang pasirnya hitam. bisa dipastikan tempat itu tidak jauh dari gunung, entah itu masih aktif maupun tidak aktif. Pun kalau agak jauh dari gunung, bisa dipastikan di daerah sekitar pantai tersebut deket dengan sungai yang hulu sungainya berasal dari gunung. apa hubungannya sama gunung? hmmm jadi gini ya.. pantai yang berpasir hitam itu pasirnya berasal dari material vulkanik gunung yang pernah meletus beberapa masa yang lampau. material itulah yang akhirnya mendominasi pasir pantai, baik itu yang terkena dampak langsung letusan gunung berapi, maupun material yang terbawa air sungai yang akhirnya bermuara ke laut.

2. Pantai Pasir Hitam, pantai-pantai berpasir putih, material pembentuknya adalah dari batuan kapur. pantai-pantai yang jauh dari gunung berapi/hulu sungai dari gunung api dan memiliki struktur batuan yang didominasi batuan kapur, pasir pantainya mesti putih. silakan check ke pantai pasir putih yang pernah anda kunjungi.. :)

kok jadi ngomongin pasir.. ??
 #ahsudahlah

0 komentar:

Post a Comment