Thursday, October 17, 2013

Tadabbur Surat as-Sajdah



وَلَوْ تَرَى إِذِ الْمُجْرِمُونَ نَاكِسُو رُءُوسِهِمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ رَبَّنَا أَبْصَرْنَا وَسَمِعْنَا فَارْجِعْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا إِنَّا مُوقِنُونَ (١٢)وَلَوْ شِئْنَا لآتَيْنَا كُلَّ نَفْسٍ هُدَاهَا وَلَكِنْ حَقَّ الْقَوْلُ مِنِّي لأمْلأنَّ جَهَنَّمَ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ (١٣)فَذُوقُوا بِمَا نَسِيتُمْ لِقَاءَ يَوْمِكُمْ هَذَا إِنَّا نَسِينَاكُمْ وَذُوقُوا عَذَابَ الْخُلْدِ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (١٤)
 

surah as-sajdah 12-14



12. Dan, jika Sekiranya kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): "Ya Tuhan Kami, Kami telah melihat dan mendengar, Maka kembalikanlah Kami (ke dunia), Kami akan mengerjakan amal saleh, Sesungguhnya Kami adalah orang-orang yang yakin."

13. dan kalau Kami menghendaki niscaya Kami akan berikan kepada tiap- tiap jiwa petunjuk, akan tetapi telah tetaplah Perkataan dari padaKu: "Sesungguhnya akan aku penuhi neraka Jahannam itu dengan jin dan manusia bersama-sama."

14. Maka rasailah olehmu (siksa ini) disebabkan kamu melupakan akan Pertemuan dengan harimu ini. Sesungguhnya Kami telah melupakan kamu (pula) dan rasakanlah siksa yang kekal, disebabkan apa yang selalu kamu kerjakan.


beberapa hari ini jatah mengulang-ulang surah as-sajdah dan mentadaburinya. dari surah ini kita harus banyak bersyukur karena telah diberikan karunia Allah swt sebagai orang yang mendapatkan hidayah. ada iman dalam hati kita masing-masing. Coba bayangkan ketika kita dalam keadaan kafir dan tidak beriman kepada Allah sampai hari kematian menjemput. Orang-orang disekitar kita sudah mencoba mengajak untuk menjadi orang yang beriman namun hati kita masih terlalu keras untuk menerima keimanan, bahkan tidak ada keinginan seikitpun untuk itu. dan dengan enteng bilang "ah ngapain percaya sama yang begituan, hidup ya hidup aja gak usah percaya hari akhir dan iman".

coba sekali lagi kita bayangkan jika keadaan kita seperti itu. dan ketika setelah mati nanti, ketika kita bertemu Allah apa yang bisa kita lakukan.?

ayat dalam surah ini menjelaskan keadaan orang-orang yang demikian. orang-orang demikian hanya bisa tertunduk malu ketika akan bertemu Allah rabb semesta alam. Mengiba pada Allah untuk dikembalikan kembali ke dunia agar bisa berbuat amal sholih... Tapi apalah nasib, nasi sudah jadi bubur... mereka tak akan bisa kembali lagi ke dunia. satu-satunya tujuan mereka adalah neraka jahannam,// #naudzubillahminzalik

Lupa atau sengaja lupa terhadap seruan Allah di dunia sama saja dengan menjerumuskan diri sendiri ke dalam neraka jahannam. Di dunia melupakan Allah, maka Allah akan acuh kepada orang-orang demikian.

#masyaAllah, semoga Allah senantiasa memberikan hidayah pada kita semua sehingga sampai akhir hayat kelak, masih dikaruniai sebagai orang yang beriman. dan semoga Allah melindungi kita dari godaan syaithon yang selalu mencoba melalaikan kita dari petunjuk Allah..

selamat beribadah selamat beristiqamah di jalan Allah yang diridhoi.

0 komentar:

Post a Comment