Friday, August 8, 2014

Mendadak GIPI part #3: Bertemu Jejaring Lama

Satu hal yang saya rasakan di momen GIPI adalah bertemu dengan teman, relasi, jejaring. Mulai dari rekan kuliah, komunitas, dosen, teman dunia maya, dan beberapa lembaga yang pernah berhubungan kerjasama denganku. Menjadi panitia dadakan dan yang kenal beberapa dosen pembicara dan tamu kegiatan GIPI menjadikan punya tambahan kerjaan sendiri.

Penyambut Pembicara dan Pejabat
Hari kedua acara puncak dilakukan, setelah mengantar delegeasi mahasiswa sebenarnya tugasku sudah selesai. Tinggal duduk manis melihat jalannya acara yang sudah diurus panitia. Dan semuanya berubah ketika negara api menyerang. :p.. #haha... Tiba-tiba ditarik untuk berdiri menyambut panitia VIP.. #hakdesh.. OK baiklah.. Maklum banyak panitia anak S1 dan anak S2 yang S1nya bukan di UGM, beberapa dari mereka tidak mengenali wajah pejabat rektorat dan dosen yang diundang. aku?? hampir semua tamu dan dosen yang diundang pernah bekerjasama dengan GC saat aku jadi presiden. #tsaah.

Jadilah aku menunggu di depan pintu masuk GSP dan menyambut tamu-tamu VIP dengan ditemani beberapa pengurus MITI Pusat yang hampir semuanya bukan anak UGM. Mulai dari jajaran dosen, wakil rektor, dan pembicara masuk satu persatu. lucunya klo ada bapak-bapak/ibu-ibu yang dikira tamu VIP, mereka langsung nanya "mi, ini siapa? dosen apa bukan?" #hakdesh...

Kegiatan sambut tamu berakhir dengan dimulainya acara. Jatah sarapanku belum aku ambil, lapar berat.. #haha

Panen Jejaring Lama
Di acara GIPI ini ketemu orang-orang yang ga disangka bakal ketemu. Yup, karena yang dateng banyak dan dari berbagai komunitas. Pertemuan yang gak disangka adalah ketemu jejaring senior GC. Banyak senior dari GC yang juga masih berkecimpung di dunia riset, pemberdayaan masyarakat, dan bisnis berbasis riset; hadir semua di pagelaran GIPI. dan semuanya menjadi mendadak reuni GC'ers.

Di GIPI juga ketemu jejaring peneliti dari LIPI dan lembaga riset mandiri lainnya. situasi kayak gini nyesel banget klo gak dimanfaatin buat memperluas jaringan dan memelihara jaringan lama.

Ketemu juga dengan beberapa rekan penulis yang sebelumnya cuma bertemu di dunia maya. Ngobrol panjang lebar kali tinggi, dan jadilah volume.. #haha.. tentang aktivitas masing-masing, rencana masa depan, akses beasiswa, dan lain-lain.

bahkan rekan dulu pas masih ngajar anak-anak dan rekan pengajian pun bertemu secara tidak sengaja.

jadi dari rangkaian acara GIPI, sebenarnya banyak acara pribadinya, yang acara itu jadi semacam reuni dadakan bersesi. #haha...

0 komentar:

Post a Comment