Monday, September 1, 2014

Naik Gunung, Cari Apa?

Udara dingin pegunungan, kabut halus yang membelai siapa saya yang melewatinya, tas carrier yang beratnya lebih dari dua puluh kilo menggantung kokoh di punggung, nafas yang terangah melangkah selangkah demi selangkah, dinginnya udara malam di perjalanan ke puncak merbabu sudah terasa menusuk. Satu di antara rombongan sudah mulai gontai dan sesekali meminta untuk berhenti mengambil nafas. Tepat pukul sepuluh malam kami melewati gerbang taman nasional merbabu, mencoba menaklukan gunung ini. Beberapa di antara kami sudah pernah menaklukan puncak merbabu sebelumnya.

Kami tujuh orang mahasiswa baru lulus kuliah, baru selesai pendidikan keprofesian dokter, dan beberapa yang masih berjuang lulus pendidikan keprofesian dokter. Sebelumnya kami tidak mengenal semuanya. Hanya teman dari teman yang kebetulan sudah kenal lama. 

Perjalanan naik gunung ini sudah ke sekian kalinya buatku. dan tetap saja tidak bosan untuk jalan naik sambil bawa carrier segedhe gaban. 

Sebenarnya naik gunung itu buat apa sih?
banyak lho yang gak bisa jawab atau jawab sekenanya. terus buatku naik gunung itu untuk apa? sebenarnya banyak banget lho manfaat naik gunung, cuma kadang orang tidak menyadari.

Latihan Fisik
Kalau ini jelas, naik gunung itu latihan fisik atau lebih tepatnya uji ketahanan fisik. Banyak dari kita yang sudah rutin olahraga, atlit, pelari, dll. Naik gunung menjadi salah satu sarana uji ketahanan (endurance), seberapa kuat bisa bertahan.

Latihan mental
Nah.. ini kerasa banget, mau gak mau bagi yang tingkat keakuannya tinggi banget harus mencoba untuk sedikit lebih peduli dengan yang lainnya. Bagi yang amarahnya tinggi, naik gunung adalah ujian untuk menahan amarah dan menjaga kekompakan tim.

Latihan Spiritual
Banyak hal yang bisa ditadaburi ketika perjalanan naik gunung. pada perjalanannya itu sendiri, proses interaksi di antara pendaki, tempat yang dilewati, dan yang tak ketinggalan saat di puncak tertinggi sebuah gunung. Perjalanan itu menghaluskan tabiat kasar seseorang, pun juga menjadikan seseorang berekspresi apa adanya, dalam perjalanan naik gunung kita gak akan bisa pakai topeng kemunafikan. Kalau tujuan awalnya tadabbur, tentu pulang dari perjalanan banyak hal yang didapat.

Hunting Foto 
gak bakal ketinggalan, gunung adalah tempat indah mengabadikan ayat-ayat kauniyah. hamparan pegunungan, lautan awan, kabut, bukit, padang savana, bunga edelweiss, dan banyak hal indah lainnya.

Samudera Awan - @fahmibasyaiban
Penampakan Gunung Merapi dari Merbabu - @fahmibasyaiban
Savana Merbabu - @fahmibasyaiban

0 komentar:

Post a Comment