Friday, March 18, 2011

Media Massa Memang Pintar (ngrubah seenaknya)

Editing memang hal yang lumrah dalam setiap pelaksanaan pekerjaan media, baik itu media cetak maupun elektronik. kegiatan ini merupakan sensor pertama kali dari pihak produsen mengenai baik buruknya suatu hasil karya media sebelum dilepas ke masyarakat penikmat media.

nah, minggu ini aku berkesempatan menulis di media massa, kali ini mengangkat hasil dari festival yang aku ikut di dalamnya. isinya kurang lebih 5w+1H dari kegiatan yang aku dan teman-teman ikuti, yakni FESCO (Festival of Colour of the World) di malaysia...

dari semua press release yang aku kirim ke media massa, semuanya mengalami penyuntingan, memang penyuntingan itu penting, tapi kalau sudah merubah inti berita dan merubah pengemasan menjadi lebih menarik namun tak sesuai dengan kenyataan. ya, menurutku itu sudah salah.

kok bisa?? dari beberapa penyuntingan yang dilakukan oleh beberapa media massa, antara lain adalah,

1. pengubahan kalimat tidak langsung menjadi kalimat langsung, pengubahan kalimat menjadi kalimat langsung bisa menunjukan seolah-olah pihak media massa melakukan wawancara secara langsung, padahal tidak pernah dilakukan wawancara sama sekali. aku hanya mengirim naskah ke kantor media massa, itu tok,,,, ndak lebih..dan ndak ada apa-apa.

2. menambahkan konten pada tulisan yang akan dipublish, penambahan konten isi yang seharusnya memang dilakukan ini membuat seolah-olah benar-benar mewawancarai dari pihak yang dianggap bagus oleh masyarakat... dalam kasus ini (tulisanku yang dimuat dimedia) ditambahi konten, "menurut Achmad Fahmi, ketua rombongan". kenyataannya aku bukan ketua rombngan dan bukan siapa-siapa (atau sengaja tidak menjadi siapa-siapa), aku hanya menulis.

ya, itulah media massa, mungkin hal kecil semacam itu tak apa, dalam artian supaya kontennya bisa bertambah kuat dan berbobot. namun kalau sudah tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. itulah masalahnya... itu baru sedikit yang dirubah, klo diplintir malah bisa bikin banyak masalah lagi.... seperti kasus beberapa saat yang lalu, salah satu media yang memelintir perkataan presiden.. dan hasilnya, hampir satu minggu, berita itu menjadi hal yang kontroversial

hal-hal kecil memang bisa membuat suatu hal menjadi besar, bahkan meruntuhkan hal yang besar.... maka sebuah ketelitian adalah menjadi suatu yang mutlak untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan. 

Ketika Insomnia Melanda, Perpustakaan pesantren Peradaban LPI

0 komentar:

Post a Comment