Sunday, March 1, 2020

ASAL SINGKATAN "HM"





Entah siapa yang memulai, sejurus jalan menuju Sampoerna House atau Museum Sampoerna di Surabaya, celetukan itu keluar dalam mobil. "HM Sampoerna itu singkatan dari Haji Muhammad Sampoerna" "🤣🤣.. Haha... Apa itu"

Singkatan HM itu masih jadi misteri karena rombongan kami tidak ada yang hafal dan tau persis singkatan yang benar. Jawabannya pasti ada di salah satu sudut Museum.

Museum ini ternyata menarik dan nyaman. Mungkin jadi museum terbaik yang pernah saya kunjungi dalam hal kebersihan, kenyamanan, dan pengelolaannya. Tidak ada tarif tiket masuk sepeserpun. Sejarah awal Sampoerna dari jualan tembakau dan alat pendukung bikin rokok di gerobak sederhana, menjadi 3 besar perusahaan tembakau di Indonesia, hingga menjadi bagian dari Philip Morris Group; terpamerkan dengan baik di Museum ini.



Soal singkatan HM pun terjawab, Handel Maatschappij adalah kependekan dari HM. Berasal dari bahasa belanda yang bermakna perusahaan dagang. Sejenis dengan "PT" yang sering digunakan saat ini sebagai istilah yang jamak digunakan. Dokumen pendirian HM Sampoerna menjadi bukti otentik pendirian perusahaan dagang tembakau sejak zaman kolonial Belanda.

Jadi fix ya, "HM" bukan kependekan dari "Haji Muhammad" seperti singkatan nama presiden Indonesia terdahulu Haji Muhammad Soeharto selepas pulang dari ibadah haji.
Tabik,
Semarang, 22 Jan 20
@fahmi.basyaiban

0 komentar:

Post a Comment