Friday, August 17, 2012

Makna Ziarah Kubur Sesungguhnya

Ziarah Kubur sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia, baik itu dilakukan saat ramadhan maupun setelah ramadhan. Rasulullah memerintahkan kita untuk berziarah kubur dalam satu hadist “Ziarahilah kubur, karena ziarah kubur dapat mengingatkanmu akan akhirat”.
Beragam hikmah dapat kita ambil dari disunnahkannya ziarah kubur, setidaknya ada tiga hikmah yang kita ambil. Pertama mengingat mati, dengan banyak mengingat mati, manusia akan sadar bahwa dia akan mati dan akan senantiasa melakukan perbuatan-perbuatan yang diridhoi Allah SWT. Kedua zuhud dunia,kesadaran akan zuhud dunia akan menjadikan orang tidak gampang tergoda akan kesenangan dunia yang menganggunya dari ketaqwaan terhadap Allah. Ketiga mangambil suri tauladan bahwa kita juga akan menyusul ahli kubur ke alam kematian.
Dalam ziarah kubur tentunya ada hal-hal yang harus kita cermati dan hal-hal yang sebaiknya kita tidak lakukan. Pertama, Hindari waktu-waktu pengkhususan dalam melakukan ziarah kubur, karena pada prinsipnya kita dapat melakukan ziarah kubur kapan pun. Kedua, hindari meminta-minta pada ahli kubur karena hal ini dapat menjatuhkan kita pada kesyirikan. Wa Allahu a’alam bishawab

*artikel yang dikirimkan ke lomba artikel video tausiyah republlika online

0 komentar:

Post a Comment