Saturday, April 27, 2013

Editing Video Part 1



Bismillah berbagi sedikit tentang editing video..

pertama, ini hanya dari pengalaman pribadi
kedua, ngak ribet-ribet amat, kalau mau ribet, dibuku dah banyak yang mbahas.
ketiga, ngelompat dari pakem yang ditulis oleh suhu-suhu editor yang ilmunya dah melangit.

ini saya tulis dengan ringan saja biar yang newbie juga paham... OK ?? *tarik mang..
pokoknya gw bandingin semuanya dengan istilah masak-memasak..:
kalau situ lagi mau masak kan kira-kira ada tiga tahapan: Persiapan, masak, plating (penyajian). sama persis dah dalam video editing istilah ruangannya pun sama yang satu dapur masak, yang ini dapur editing. tahapannya ada tiga juga: persiapan, offline editing, online editing.

langkah persiapan:
langkah paling awal dan urgent dalam editing film adalah. punya file yang buat diedit. sama kayak ente pade pas mau masak. klo gak ada bahannya, masaknya pasti batal alias kagak jadi. *hehe.

langkah kedua adalah, management bahan yang mau diedit. misalnya kita mau ngedit video ceramah pak ustadz yang lagi ngomong tentang gambar perdukunan. kita punya bahan, video wawancara dengan pak ustadz, video wawancara dengan pak dukun, wawancara sama mahasiswa, dll.. nah video-video ini mending dikasih nama yang bener satu-satu.. biasanya kan masih bernama MVI_709.mov / Vid_98 / 0032.mpg .. beri nama sesuai selera, biar gampang buat kedepannya. klo tahap ini gak selesai dijamin dah.. entar bakal kacau ngeditnya.. klo filenya 3-5 biji sih gak di-rename gak masalah, tapi klo filennya ratusan?? bisa bingung jiddan fauqa jiddin.. klo udah dinamain satu-satu, di-folderin satu-satu juga ya... biar tambah rapi.. sama persis dengan acara masak di TV, bumbu dan bahannya di mankokin satu-satu..

kalau langkah persiapan sudah selesai, kita ke tahapan berikutnya.. next posting..

0 komentar:

Post a Comment