Sunday, January 5, 2020

DIVINE SPEECH


Beberapa bulan lalu, salah satu teman dapat hadiah buku dari kakaknya yang baru pulang ke Indonesia. "Mi, ini buku dari kakakku.. Kamu baca dulu, aku masih ngerjain tesis. Nanti kalau udah selesai, jelasin ke gue". Duh enaknya nyuruh-nyuruh ๐Ÿ˜‚. Kalau tidak karena bukunya menarik, ga bakal mau dijabanin. "Divine Speech: Exploring The Quran as Literature", Nouman Ali Khan dan Sharif Randawa. Buku ini bagus untuk pembelajar mula untuk memahami nilai sastra al-Qur'an, dari penggunaan diksi, story telling, keseimbangan penggunaan diksi, rima dalam beberapa ayat, dan mu'jizat ketepatan dan keteraturannya. Bagi yang sudah mempelajari buku Wawasan Qur'an, Dr. Quraish Shihab, buku ini jadi pelengkap untuk buku yang ditulis menggunakan bahasa inggris.

Bagi pembelajar lanjut yang sudah menamatkan _al-Itqan fi Ulumil Qur'an_ atau kitab _Mabahits fi Ulumil Qur'an _ yang sering dipakai di kelas perguruan tinggi. Buku ini jadi wawasan baru bagaimana menyampaikan pesan Qur'an dengan realitas Amerika Serikat yang karakteristik masyarakatnya berbeda dengan masyarakat negeri muslim seperti Pakistan dan Indonesia.

Hal yang cukup menarik dan sering disampaikan di beberapa video Nouman Ali adalah "Ring Composition". Misal dalam ayat kursi yang sering dibaca umat islam: jika dibagi menjadi 9 bagian dalam masing-masing kalimat, maka akan terlihat pusat dari ayat ini ada di bagian kelima "ูŠุนู„ู… ู…ุง ุจูŠู† ุฃูŠุฏู‡ู… ูˆู…ุง ุฎู„ูู‡ู…"
Empat bagian awal dan sesudahnya, terhubung satu sama lain dengan makna yang mendekati satu sama lain. Polanya bagian 1-9, 2-8, 3-7, 4-6, jika dibuat lingkaran maka tercipta ring composition. That's remarkable structure of the Quran. 
Semoga Allah karuniakan keberkahan pada siapa saja yang mengkhidmahkan dirinya untuk memahami-mengajarkan kitabnya. Dan hidup dengannya  sebagai nilai universal yang bisa diterima siapapun.

Tabik,
Semarang, 5 Jan 20
@fahmi.basyaiban

@30haribercerita #30haribercerita #30HBC2005

0 komentar:

Post a Comment