Tuesday, May 28, 2013

Pemahaman Fiqh ADK hari ini

Dua hari melelahkan rangkaian panjang seleksi Asrama telah selesai, agenda seleksi berupa wawancara dan presentasi selalu berakhir lebih dari pukul sepuluh.

ada fenomena menarik dari seleksi ini, salah satunya ngetes seberapa jauh pengetahuan keagamaan ADK di UGM hari ini. setidaknya sample ini bisa menjadi wakil karena memang samplenya berasal dari hampir semua fakultas.

di sesi wawancara tentang pemahaman keagamaan yang diampu langsung oleh ustadz Arif dan Ustadz Fathur, ada banyak hal yang membuat tertawa sekaligus prihatin. terutama ketika ditanyakan hal-hal yang berkaitan dengan Fiqh Ibadah dasar. .. sekali lagi ini fiqh ibadah dasar yang harusnya sudah selesai sejak lama.

salah satunya, banyak di antara mereka belum sempurna pemahamannya dalam hal tayamum.. ini hal sangat dasar ya bu. mungkin bagi yang sering travel pemahaman tayamun menjadi pemahaman yang harus sudah selesai sejak lama. Kalau mungkin mahasiswa secara umum mungkin bsa dimaklumi, tapi yang ini mereka yang mengaku sebagai aktivis dakwah kampus dari berbagai organisasi ekstra kampus yang beragam juga. hal-hal lain yang berkaitan denagn fiqh ibadah mereka tidak selesai.

lalu setelah selesai wawancara, kami (asatidz dan pendamping) sedikit berdiskusi. "kenapa pemahaman mereka dalam hal Fiqh Ibadah sangat lemah, saya gak tahu, kondisi liqo'at hari ini seperti apa? tapi untuk hal-hal ini seharusnya sudah selesai sejak lama. "
"mungkin karena tema fiqh ibadah tidak semenarik tema-tema kontemporer dan pergerakan Islam"

mungkin ada benarnya juga, tema fiqh adalah tema yang tidak seksi di kebanyakan ADK hari ini. tapi bukan berarti Fiqh ditinggalkan sepenuhnya dari forum pembinaan tarbiyah.

Bismillah, semoga masih bisa mendalami fiqh dalam hal-hal praktis untuk kegiatan sehari-hari dengan jelas dan selesai secara total.


0 komentar:

Post a Comment