Sunday, March 1, 2020

MENGGELAPKAN KULIT


Ketika mengerjakan project pemetaan kebun empat tahun lalu dan terulang pada project outdoors lainnya, rekan satu tim selalu bertanya,
"kulitmu cepet banget menggelapnya?" "memang begini adanya"

Saya masih ingat penjelasan guru biologi zaman SMP, bahwa produksi melanin pada kulit manusia yang bertanggung jawab atas menggelapnya kulit adalah cara tubuh manusia untuk melindungi kulit dari bahaya terkena panas matahari. Mekanisme perlindungan terhadap panas ini juga diiringi dengan penyempurnaan sistem keringat dan penghilangan rambut dari tubuh.
Perjalanan dan persembaran homo sapiens ke berbagai daerah di dunia dengan karakteristik panas yang berbeda menyebabkan proses penyesuaian diri terhadap lingkungan menjadi berbeda. Itulah sebab warna kulit menjadi sangat beragam di dunia.

Jadi kenapa kulit orang bisa lebih cepat menggelap dan yang lainnya tidak? DNA dan asal usul jadi sebab. Karena ada DNA orang Yaman dan juga India Selatan dalam struktur DNA saya, yang mana daerah itu adalah daerah panas dan gersang, menjadi masuk akal dan wajar jika respon tubuh terhadap panas matahari dengan menggelapkan kulit itu lebih tinggi dibanding yang lain. Beda lagi, ada kawan berkulit fair skin, panas-panasan sampai menggelap, kemudian kulitnya mengelupas, putih lagi. Circle teman terdekatnya sering merasa kesal karena hal tersebut.

Menjadi gelap atau tidak setelah beraktivitas banyak di bawah sinar matahari langsung itu bukan sesuatu hal yang harus dihindari. Malah harus disyukuri, karena hal itu menghidarkan kita dari resiko penyakit kulit seperti kanker melanoma. Meski demikian, memakai SPF sebelum beraktivitas tetap direkomendasikan.

Tabik,
Semarang, 13 Jan 20
@fahmi.basyaiban

Kiri: menggelap setelah selesai project di Anambas - Natuna, kanan: menggelap di project mapping kebun tebu.

Setelah menggelap masih bisa kembali lagi, tergantung kecepatan regenerasi kulit. Pun bisa dibantu dengan exfoliasi rutin dan penggunaan bahan aktif yang mereduksi pembentukan melanin pada kulit.

Sekali menggelap, seumur hidup perawatan. #bwahaha

0 komentar:

Post a Comment