Sunday, January 13, 2013

Ide Buat Buku

lifestyle.kompasiana.com


ide liar itu selalu muncul tak terduga dan harus segera dituliskan biar sang ide tak kunjung kabur dari pikiran dan memori.

nah... dari hasil kemarin ngkepoin al-qur'an dan hasilnya menemukan kumpulan ayat tentang ujian dalam al-Qur'an. akhirnya dapat sebuah gagasan baru tentang tulisan. dari sekian ayat yang dikumpulkan punya asbabun-nuzul, tafsir, kandungan, maupun kisah yang ada di dalamnya yang berbeda satu sama lain. pun kalau mau dibahas satu persatu dihubungkan dengan penjelasan hadis masing-masing ayat hasil kepo itu bisa satu tulisan utuh, dan jika semua dikumpulkan akan menjadi sebuah kumpulan dengan tema "ujian dalam pandangan al-Qur'an".

sebagai contoh, jika kita membahas ujian di surat al-Baqarah ayat 249, tentunya itu tidak bisa dipisahkan dari kisah Bani Israil, Nabi Sham'uel (salah satu nabi dari bani isra'il), Jalut, Talut, dan nabi daud. Jika ditulis dan dibahas akan menjadi menarik, bagaimana ketika Jalut dan pasukannya diuji Allah ketika melewati sungai, dan mereka hanya boleh minum beberapa teguk saja, yang melanggarnya bukanlah termasuk dari golongan pasukan Jalut. dari 3000 pasukan yang dibawanya yang bertahan dan ta'at pada perintah jalut hanya 300 orang, dan mereka harus menghadapi pasukan Talut yang besar dan kuat. Dan Allah menolong pasukan Jalut melalui perantara salah seorang dari pasukan yang dibawanya yang bernama Dawud, yang kelak diangkat Allah menjadi Nabi.

dari ayat ini saja mungkin bisa lahir tulisan 2-4 halaman penuh. Jadi kalau semuanya dibahas bisa menjadi sebuah buku yang menarik... karena bisa jadi tazdkirah, apa saja sih ujian yang disebutkan dalam al-Qur'an dan bagaimanakah sikap kita sebagai manusia untuk menghadapinya?..

semoga harapan menyelesaikan penjelasan ayat-ayat yang udah dikepoin bisa bener-bener terwujud.. semoga Allah memudahkan.. amiin..

0 komentar:

Post a Comment